Headlines News :
Home » » Papua Barat Ingin Belajar dari Afrika Selatan

Papua Barat Ingin Belajar dari Afrika Selatan

Written By Unknown on Senin, 23 Februari 2015 | 22.02.00


Juru bicara (Jubir) United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dalam tur pertamanya ke Afrika Selatan, melakukan banyak hal. Diantaranya adalah pendirian  Free West Papua Campaign di Afrika Selatan. Baca: Jubir ULMWP bentuk Free West Papua Campaign di Afrika Selatan.
Mengapa Afrika Selatan? Dilansir sabc.co.za edisi 20 Februari 2015, Wenda mengatakan, ia memilih untuk datang ke Afrika Selatan untuk mempelajari bagaimana apartheid dikalahkan. Jubir ULMWP juga mengaku terinspirasi oleh pemimpin yang berjuang menentang apartheid seperti Nelson Mandela, Steve Biko, Desmond Tutu dan banyak pemimpin lainnya. 

Salah satu pemimpin saat  melawan Apartheid adalah Mkhuseli Khusta Jack, ahli strategi yang memimpin boikot konsumen di Afrika Selatan. Mkhuseli Khusta Jack adalah salah satu pemenang The Lawson Award tahun 2013.

Dimana Mkhuseli Jack pada 2013 lalu telah mempersembahkan penghargaan yang diraihnya kepada rakyat Papua Barat yang sedang berjuang untuk kemerdekaannya. Baca: Mkhuseli Jack, Pemimpin Anti-Apartheid Dedikasikan Penghargaan Bagi Rakyat Papua.
"... saya ingin datang ke Afrika Selatan dan membawa harapan dari orang-orang Papua Barat untuk kebebasan dan keadilan karena orang-orang dari Afrika Selatan telah punya pengalaman yang sama (melawan apartheid) seperti yang kami lalui, "kata Jubir ULMWP ini.

Wenda menjelaskan kondisi Papua saat ini kepada masyarakat Afrika Selatan yang mengindikasikan kolonialisme Indonesia atas Papua Barat masih berlangsung di zaman modern dan abad ke-21 ini.

Wenda menjelaskan,  Indonesia hanya peduli pada kekayaan mineral di Papua, dan mengabaikan orang Papuanya.

"Kami memiliki emas, kayu, mineral dan gas. Indonesia bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan multi-nasional, mereka beroperasi (merampas tanah dan menghancurkan hutan) di tengah genosida ... sementara orang Papua Barat melihat tanah sebagai ibu mereka dan melihat hutan sebagai supermarket, dimana hidup orang Papua Barat selalu tergantung pada tanah dan hutan, "kata Wenda. 

Benny Wenda telah berpidato di kampus Wits Education (Parktown) Afrika Selatan, dan masih akan mengunjungi beberapa daerah dan tempat di Afrika Selatan untuk kampanye. Baca: Jubir ULMWP Berpidato di Afrika Selatan.  

Rakyat Papua Barat ingin belajar dari kemenangan rakyat Afrika Selatan menghancurkan apartheid. (BT/014/MS)
sumber Jayapura, MAJALAH SELANGKAH 
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. AMUGI KIBAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger